Label

Jumat, 04 Februari 2011

HAMA LUNDI SUDAH MENYERANG RUMBIA

 

 

Setop Hama dengan Pupuk Fermentasi

COPAS Radar lamteng 

   Hama lundi yang menyerang tanaman singkong disebabkan minimnya pengetahuan petani dalam memproses pupuk kandang. Umumnya, petani langsung memupuk tanaman singkong tanpa melakukan  fermentasi.

   ’’Padahal penggunaan pupuk kandang tanpa proses fermentasi justru mempercepat perkembangbiakan hama lundi yang masuk sebagai organisme pengganggu tanaman (OPT),’’  kata Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Tanaman Ir. Rismunandar mewakili Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung Tengah Ir. Zulkifli.
Sementara, lanjut Rismunandar, terkait informasi ada tanaman singkong warga yang terserang hama lundi, pihaknya segera berkoordinasi dengan petugas POPT (pengamat organisme pengganggu tanaman) untuk meninjau lokasi di Rumbia.

    Menurut Rismunandar, hama lundi menyerang tanaman singkong umur 15 hari hingga hampir panen. Bagian yang diserang adalah pangkal batang dengan memakan akar dan kulit batang bagian bawah, sehingga tanaman menjadi layu dan mati.

    Ia meminta agar hama lundi diwaspadai para petani, khususnya yang memiliki tanaman singkong. Dikatakan Rismunandar, penyebaran hama lundi dapat dicegah melalui beberapa cara. Yakni untuk fase uretnya yang masih berada di dalam tanah dapat menggunakan pestisida berbahan aktif karbofuran dengan formulasi granul dan konsentrasi 1,5–2 gram/lubang stek.


    Kemudian untuk serangan yang lebih berat, pada fase imago dapat menggunakan pestisida berbahan aktif endosulfan dan karbaril. Penyemprotan dengan bahan pestisida itu dianjurkan dimulai pukul 16.00–17.00 WIB karena hama itu mulai aktif bergerak dan makan.    
    Di samping itu, petani dapat menggunakan pupuk kandang yang telah diproses untuk memupuk tanaman singkong menggunakan dolomit, menggunakan pestisida nabati untuk serangan sangat ringan, dan melakukan gropyokan.

    Diketahui, hama lundi sudah mulai menyerang di Kecamatan Rumbia seluas 75 hektare dan Kecamatan Buminabung seluas 45 hektare. Hanya, untuk sementara ini tingkat serangan masih dalam intensitas ringan.

    Sebelumnya, petani singkong yang berada di Kecamatan Rumbia merasa resah karena ada hama lundi yang menyerang tanaman singkong mereka.

    Dengan adanya hama lundi yang masih tergolong baru menyerang tanaman singkong yang berada di Rumbia, diduga dapat mengakibatkan kegagalan panen 40%– 60%.

     Seperti dikatakan Suparman (45), petani singkong yang berada di Kampung Reksobinangun dan Marsun (40), petani singkong Kampung Ruktibasuki, Kecamatan Rumbia.

    ’’Hama lundi baru kali pertama ini menyerang tanaman singkong di daerah kami. Hama ini tergolong ganas. Karena bukan hanya tanaman singkong yang sudah mulai berbuah yang diserang. Tanaman berumur muda pun bisa habis dimakan lundi,” tutur Suparman. (rnn/c2/ary)


1 komentar:

  1. gan,,, mungkin pengendalian hayati menggunakan jamur entomopatogen cordyceps bisa dilakukan... kebetulan daerah penelitian saya di Dieng juga terserang hama lundi, dan sekarang masih dalam proses pengujian efektifitas jamur entomopatogen cordyceps pada tanaman kentang yang terserang hama tersebut,,,,,

    BalasHapus